Google Ads
Blog Internet Marketing

5 alasan utama mengapa Tampilan Iklan Google adalah media iklan yang tepat untuk bisnis Anda

Apakah saat ini Anda memiliki bisnis / bisnis berbasis online? Jika YA, maka artikel ini akan sangat berguna bagi Anda, jadi silakan baca sampai selesai. Karena dalam artikel ini saya akan membahas 5 ALASAN UTAMA mengapa mulai sekarang Anda harus mempertimbangkan platform periklanan yang sangat kuat, tetapi jarang disentuh oleh pengusaha online / mereka yang memiliki bisnis berbasis online. Kedengarannya Bagus Menjadi Benar? Ayo Cari Tahu!

Jika Anda melakukan bisnis online, kemungkinan Anda sudah tahu banyak platform periklanan atau sering dipromosikan oleh banyak “guru / master” pemasaran digital di internet, yaitu Facebook dan Instagram. Saya menyadari dan mengakui bahwa kedua platform telah mengubah nasib banyak orang dalam hal memberi kami kesempatan untuk mengiklankan produk / layanan kami melalui Facebook dan Instagram, dan tidak sedikit dari mereka yang memperoleh ratusan juta atau bahkan puluhan miliar hanya dengan beriklan di kedua platform.

Seiring waktu, Facebook dan Instagram terus mengalami perubahan dalam berbagai aspek, seperti algoritma dalam periklanan, dashboard iklan Facebook, penempatan / lokasi periklanan dan banyak lainnya. Berita baiknya sebenarnya adalah platform iklan yang sama kerennya dari Facebook atau Instagram, bahkan jujur ​​saja platform yang satu ini jauh lebih keren dan lebih kuat daripada dua platform yang saya sebutkan sebelumnya.

Mungkin Anda berpikir dan berkata, “Tuan, tuan, apakah ada media iklan lain yang lebih canggih daripada FB dan IG?” Jawabannya ADA dan segera saya sampaikan bersama alasannya. Platform periklanan yang saya maksud di atas adalah Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google Adwords). Saya cukup yakin Anda juga terbiasa dengan Iklan Google atau bahkan menggunakannya untuk mengiklankan bisnis Anda. Benar ??

Kemungkinan besar platform Iklan Google yang Anda gunakan adalah Pencarian Iklan Google, atau biasanya sering disebut sebagai GSN / Jaringan Pencarian Google, di mana Anda beriklan dengan menargetkan kata kunci tertentu untuk muncul di kotak pencarian Google ketika seseorang mengetik kata-kata tertentu. Tetapi platform yang ingin saya diskusikan dalam posting ini bukanlah GSN / Pencarian Iklan Google.

Yang ingin saya diskusikan dalam posting ini adalah Tampilan Iklan Google atau lebih dikenal dengan GDN atau Jaringan Display Google.

Catatan: Anda tidak perlu bingung dengan istilah Pencarian Iklan Google dengan istilah Jaringan Pencarian Google. Keduanya adalah istilah yang serupa, kecuali bahwa istilah Pencarian Iklan Google biasanya merujuk pada platform iklannya, sedangkan Jaringan Pencarian Google lebih diarahkan ke jaringan iklannya. (keduanya sama)

Jadi secara umum, jaringan iklan Google Ads memiliki 2 jenis, yaitu:

  • Pencarian Iklan Google atau GSN (Jaringan Pencarian Google)
  • Tampilan Iklan Google atau GDN (Jaringan Display Google)

Ditambah dengan 1 jenis lagi yang memulai tren saat ini, yaitu platform Youtube untuk beriklan, tetapi saya akan membahas Youtube dalam posting terpisah nanti.

Lalu mengapa Anda perlu mempertimbangkan menggunakan Tampilan Iklan Google?

5 Langkah untuk Membangun Sukses Bisnis dengan Iklan Google

  1. Menjangkau Lebih dari 90% Pengguna Internet di Dunia
  2. Tampilkan Penargetan Kata Kunci
  3. Iklan Bergambar Responsif
  4. Pemirsa Kustom GA
  5. Pengamatan & Penargetan

Mari bongkar satu per satu 5 alasan di atas!

  1. Menjangkau Lebih dari 90% Pengguna Internet di Dunia
    pengguna internet global
Google Ads

Berdasarkan data dari Statistik Dunia Internet terbaru, jumlah pengguna internet di dunia adalah 3.885.567.619 orang atau 3,8 miliar lebih dan jika kita mengambil 90% darinya, jangkauan Tampilan Iklan Google mencapai sekitar 3,5 miliar pengguna internet.

Anda dan saya harus mengakui bahwa ini adalah angka yang sangat signifikan, yang tentunya berdampak pada jumlah pengguna internet di Indonesia.

2. Tampilkan Penargetan Kata Kunci

Banyak pengiklan tidak tahu bahwa Google Ads memiliki banyak fitur keren untuk memudahkan pengiklan untuk menargetkan iklan kami kepada audiens target. Tampilan Iklan Google menyediakan berbagai fitur yang bahkan tidak dimiliki oleh pesaing di kelasnya.

Salah satu fitur keren yang telah menjadi andalan Google sejak pendirian pertamanya adalah: Tampilan Penargetan Kata Kunci

Menargetkan audiens berdasarkan kata kunci adalah salah satu bentuk penargetan yang paling kuat yang hingga saat ini hanya dimiliki oleh Google karena kehebatannya sebagai mesin pencari. Menggunakan kata kunci yang tepat sangat membantu kami menemukan pemirsa yang sangat bertarget atau orang yang mencari produk / layanan yang kami pasarkan.

Hebatnya adalah pada Tampilan Iklan Google, Anda dapat menggunakan kata kunci penargetan ini untuk menargetkan 2 hal, yaitu:

  • Orang yang memang mencari berdasarkan kata kunci
  • Situs web adalah tempat kami menargetkan iklan kami tampil di situs web yang berisi kata kunci yang kami tuju.
Google Ads

Anda dapat membayangkan berapa banyak situs web di luar sana yang dapat kami tuju dengan iklan kami, tempat iklan kami dapat muncul di jutaan situs web orang lain yang memiliki tema kata kunci yang mirip dengan produk / layanan yang kami pasarkan.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda bahkan dapat meminta Google untuk merekomendasikan kata kunci apa yang dimiliki sebuah situs web. Misalnya, situs web pesaing Anda, tempat Anda dapat memasukkan nama situs web pesaing Anda dan Google akan memberikan rekomendasi untuk kata kunci yang dimiliki oleh situs web yang Anda masukkan nama.

Google Ads

Dari sana, Anda sebagai pengiklan tahu kata kunci apa yang perlu Anda targetkan untuk produk / layanan Anda. Sangat menarik bukan! Fitur yang baru saja saya jelaskan di atas adalah fitur Custom Intent Audience yang merupakan salah satu fitur baru dari Tampilan Iklan Google

3. Iklan Bergambar Responsif

Fitur keren berikutnya adalah berbicara tentang format iklan yang ada di Tampilan Iklan Google yang biasanya kita ketahui hanya dalam format gambar. Sekarang Tampilan Iklan Google telah menambahkan fitur baru ke format iklan yang disebut Iklan Tampilan Responsif, di mana jenis iklan ini adalah kombinasi teks dan gambar.

Untuk dapat menggunakan fitur ini secara penuh, Anda diminta memasukkan beberapa materi iklan seperti:

  • 1 Gambar iklan berukuran 1200 x 628 px (1.91: 1)
  • 1 Gambar iklan berukuran 1200 x 1200 (1: 1)
  • 1 gambar Logo berukuran 1200 x 300 (4: 1)
  • 1 gambar Logo berukuran 1200 x 1200 px (1: 1)
  • 5 variasi judul
  • 1 judul panjang
  • Deskripsi 5 variasi
  • Nama Bisnis
  • URL tujuan akhir
Google Ads

Dan dipersenjatai dengan materi iklan yang Anda isi, Google akan menggabungkan berbagai kombinasi materi Anda menjadi iklan yang terdiri dari gambar dan teks yang telah Anda masukkan.

Di sini, Google akan secara otomatis merotasi materi iklan Anda untuk menunjukkan target Pemirsa iklan Anda, dan kemudian saat iklan berjalan, Google akan melakukan optimasi (pembelajaran mesin) untuk mendapatkan kombinasi gambar dan teks Anda yang menunjukkan kinerja terbaik untuk target. audiens Anda.

Selain melakukan pengoptimalan, tujuan Google adalah meminta Anda untuk memasukkan berbagai ukuran gambar dan variasi teks untuk memastikan bahwa iklan Anda dapat muncul dalam berbagai ukuran iklan yang berbeda di mitra / mitra situs web Google, seperti iklan di bawah ini yang memiliki iklan banner berbeda ukuran yang muncul di situs web mitra Jaringan Display Google.

Google Ads
Google Ads
Google Ads

Sederhananya, dengan menggunakan fitur ini, Anda tidak perlu repot melakukan pengujian terpisah untuk membuat beberapa format iklan yang berbeda untuk mengetahui iklan mana yang terbaik, karena Google telah melakukan semua itu untuk Anda.

4. GA Pemirsa Khusus

Pemirsa Kustom GA adalah ekstensi dari Pemirsa Kustom Google Analytic. Mungkin dari namanya Anda bisa menebak seperti apa fitur baru ini.

Seperti yang Anda ketahui bahwa Pemirsa Khusus adalah salah satu fitur yang biasanya disediakan oleh platform iklan untuk Anda, pengiklan membuat grup audiens spesifik sesuai dengan kriteria Anda, misalnya sekelompok audiens yang mengunjungi halaman tertentu di situs web Anda, atau grup audiensi dari database yang Anda miliki, seperti email pelanggan, atau nomor telepon pelanggan Anda

Google juga memiliki fitur Kustom Pemirsa yang dijelaskan di atas, tetapi Google membuatnya jauh lebih kuat dengan menambahkan kriteria yang lebih rinci dalam fitur ini sehingga Anda dapat membuat grup audiens yang memiliki perilaku yang jauh lebih spesifik, selain hanya halaman web tertentu atau email dan nomor telepon.

Ya itu betul! Dengan menghubungkan fitur Google Analytic dengan akun Google Ads Anda, Anda dapat membuat Pemirsa Khusus menggunakan parameter dari Google Analytic. Jika Anda tidak tahu seberapa rinci fitur Google Analytic, maka saya memberikan beberapa parameter yang dapat Anda gunakan untuk membuat grup audiens tertentu, yaitu:

  • Datang dari kota Jakarta, dan menggunakan bahasa Inggris
  • Lihat iklan Anda dari ukuran layar smartphone tertentu
  • Lihatlah halaman A & B, tetapi jangan melihat halaman C
  • Mengunjungi situs web Anda … kali di dalam … hari terakhir
  • Wanita baru berusia 18-24 tahun
  • Memiliki minat pada properti
  • Kedatangan datang hanya dari sumber lalu lintas Facebook
  • Dan ada banyak lagi fitur Google Analytic yang dapat Anda gunakan
Google Ads

5. Pengamatan & Penargetan

Fitur terakhir ini adalah fitur yang paling saya sukai, karena kemampuannya untuk melihat potensi tersembunyi dari audiens target Anda, saat Anda menjalankan iklan Display Google Ads Anda.

Merupakan fitur yang disebut Observation. Anda harus mengaktifkan fitur Pengamatan ini ketika Anda menempatkan iklan sehingga fitur ini akan membuat pengamatan hasil iklan Anda yang sedang berlangsung. Untuk lebih mudahnya, saya langsung menjelaskan dengan contoh …

Misalkan Anda menargetkan dengan kata kunci tentang “make up artist” untuk menargetkan orang – orang yang melakukan pencarian dengan kata-kata “make up artist” atau lebih sehingga iklan Anda ditampilkan di situs web bertema tentang make up artist.

Selain mengatur kata kunci, Anda juga mengaktifkan fitur Pengamatan ini untuk 2 kategori, yaitu “topik” dan juga “afinitas” yang berarti bahwa Google akan melakukan pengamatan pada semua topik dan semua afinitasnya google saat iklan berjalan.

Setelah iklan di atas berjalan, ternyata 7 konversi / penjualan muncul dari Pelanggan di situs web sehingga biasanya Google akan menampilkan 7 konversi dalam laporan Tampilan Iklan Google Anda, misalnya konversi ternyata berasal dari Kampanye A dan nomor Kelompok Iklan 3.

Apa yang lebih menakjubkan adalah bahwa ketika Anda berada di AdGroup 3 yang menghasilkan penjualan, Anda juga dapat membuka menu “topik” dan “afinitas” yang Anda mengaktifkan fitur Pengamatan dan di sana Anda akan dapat melihatnya (misalnya) ke-7 penjualan Anda datang dari topik “pernikahan” dan afinitas “segera menikah”.

Dari 2 data dari Google Observation (topik dan afinitas) yang Anda aktifkan, maka Anda menyadari bahwa ternyata orang yang telah melakukan banyak pembelian berasal dari kategori “pernikahan” dan afinitas “segera menikah”

Apa artinya? Ini berarti Anda tahu bahwa selain menargetkan kata kunci “make up artist” untuk memasarkan layanan / produk Anda, ternyata Anda juga dapat memasang Kampanye baru lagi di Tampilan Iklan Google dengan menargetkan topik “pernikahan” dan atau afinitas “segera menikah” “Karena secara logis juga masuk akal bahwa orang yang membutuhkan layanan make up artist biasanya orang yang ingin menikah dalam waktu dekat (afinitas segera menikah) atau mereka yang mengadakan pernikahan / menghadiri pernikahan (topik pernikahan).

Dengan kata lain, Anda telah menemukan grup audiens target baru yang dapat Anda targetkan, dan seiring waktu dan iklan Anda, penargetan potensial Anda menjadi tidak terbatas!

Ini adalah 5 fitur keren dari Tampilan Iklan Google yang dapat saya jelaskan kepada Anda sekilas di artikel ini. Sebenarnya ada banyak fitur keren lainnya yang dimiliki oleh Google Ads Display, dan ketika Anda menggunakannya, tentu saja hasilnya akan signifikan.

Posting ini dibuat dengan tujuan memberi Anda gambaran besar tentang fitur apa yang dapat Anda gunakan saat beriklan menggunakan Tampilan Iklan Google. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

(Artikel ini sebelumnya dipublikasikan di RikiYohanes.com).
Sumber : ultimateadsformula.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *